Ahad 10 Apr 2016 20:56 WIB

Surya Paloh Minta Pemerintah Naikkan Subsidi Pupuk

Pupuk bersubsidi (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Pupuk bersubsidi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TENGAH -- Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta pemerintah menaikkan subsidi pupuk dari yang sudah ditetapkan tahun ini senilai Rp 32 triliun.

"Pemerintah harus bisa menaikkan subsidi pupuk karena dengan harga pupuk murah, hasil produksi tanaman kita bisa naik," ujarnya di sela-sela panen raya bersama ratusan petani di Desa Liman Benawi, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Ahad (10/4).

Menurut dia, kemandirian ekonomi tidak akan terwujud tanpa kemandirian pangan. Salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian pangan itu dengan membuat kebijakan yang berpihak kepada petani.

"Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah penemuan bibit atau varietas baru. Dulu 1 hektare lahan bisa menghasilkan 5 ton gabah, namun sekarang sudah bisa 12 ton," ujarnya menambahkan.

Ia melihat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla juga telah memberikan perhatian kepada para petani. "Salah satunya pemerintah sudah mulai bangun waduk-waduk baru dan saluran irigasi. Kami juga telah meminta pemerintah tidak lagi mengizinkan alih fungsi lahan karena makin terbatasnya lahan pertanian," kata Paloh.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement