Rabu 30 Mar 2016 08:17 WIB

Harga Minyak Mentah Kembali Melemah

Red: Nur Aini
Harga minyak merosot (ilustrasi)
Foto: IRAQENERGY.ORG
Harga minyak merosot (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Harga minyak dunia turun pada Selasa (29/3), karena kekhawatiran kelebihan pasokan global menjelang laporan persediaan minyak Amerika Serikat.

Harga patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, turun 1,11 dolar AS menjadi berakhir di 38,28 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan, harga patokan Eropa, minyak Brent North Sea untuk pengiriman Mei, turun 1,13 dolar AS menjadi menetap di 39,14 dolar AS per barel di perdagangan London.

Penurunan harga terjadi menjelang laporan persediaan minyak Amerika pada Rabu (30/3) waktu setempat, yang banyak analis percaya akan menunjukkan penambahan pasokan. Para analis juga mengutip meningkatnya keraguan tentang kesepakatan potensial produsen-produsen minyak utama untuk membatasi produksi, yang ditegaskan oleh kesepakatan antara Arab Saudi dan Kuwait untuk melanjutkan kembali produksi minyak di lapangan lepas pantai Khafji.

Produksi di Khafji, yang menghasilkan lebih dari 300 ribu barel per hari dan dioperasikan secara bersama oleh kedua negara, dihentikan pada Oktober 2014. Riyadh menggunakan alasan isu lingkungan untuk penutupan tersebut. Tapi Pejabat Menteri Perminyakan Kuwait Anas al-Saleh mengatakan kedua belah pihak berencana untuk meningkatkan produksi secara bertahap.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement