Sabtu 26 Mar 2016 15:33 WIB

Menteri LHK Dorong Penanaman Pohon di Sekitar Tol

Red: Nur Aini
Tanam pohon (ilustrasi)
Tanam pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mendorong pengelola jalan tol untuk melakukan penanaman pohon di areal sepanjang jalan bebas hambatan tersebut.

Ketika menghadiri "Gerakan Penanaman 10.000 Pohon di Tol Jakarta-Cikampek" yang dilakukan Menteri BUMN di Kilometer 59 jalan tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (26/3), Siti menyatakan, banyak manfaat yang diperoleh dengan penanaman pohon di sepanjang jalan tol.

"Penanaman pohon akan memperketat serapan di jalan dari genangan ataupun hempasan air," ujarnya.

Selain itu, kata Menteri LHK, penanaman pohon di sepanjang jalan tol juga mampu menjadi pemecah hempasan angin yang berbahaya bagi pengendara. Kemudian, penanaman pohon juga akan menjaga iklim makro, menyediakan oksigen di sepanjang jalan, menjadi pembatas alami antara jalan dengan sempadan serta sebagai pemerindah lingkungan. Dia mengungkapkan, pada dekade 70an hingga 80an dirinya menyaksikan terjadinya erosi besar-besaran di sepanjang jalan tol Jagorawi karena kurangnya pepohonan.

Terkait penanaman 10 ribu pohon di sepanjang jalan tol Jakarta - Cikampek yang diinisisasi dua BUMN yakni Jasa Marga dan BNI tersebut, Menteri LHK menyambut baik gerakan tersebut.

Menurut dia, jika 1 hektare areal dapat ditanami sekitar 400 pohon maka gerakan penanaman 10 ribu pohon di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut mampu menghijaukan areal seluas 25 hektare. Program Sinergi BUMN Hijaukan Negeri diinisiasi oleh PT Jasa Marga dan PT BNI berupa penanaman 10 ribu pohon sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement