Selasa 22 Mar 2016 07:02 WIB

Ini Resep Kemenkop agar UKM Eksis dalam Persaingan Global

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah
Pengguna internet memanfaatkan internet untuk berbelanja (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pengguna internet memanfaatkan internet untuk berbelanja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, pihaknya berharap bisa melaksanakan kegiatan Creativity Day yang berisi pameran produk UKM seminggu sekali.

Tema kegiatan Creativity Day yang ketiga yang dilaksanakan pekan ini bertema Socio Teknopreneurship. "Kami mengambil tema ini untuk mendorong UKM seperti UKM kerajinan, fesyen, alat rumah tangga, makanan untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnis mereka," katanya, Selasa, (22/3).

Teknologi digunakan untuk meningkatkan dan mempercepat produktivitas. UKM juga didorong untuk terus mengembangkan bisnisnya melalui e-commerce. 

"E-commerce ini sebenarnya toko yang  tak terbatas luasnya. Kalau punya toko dengan luas 3X4 meter kan terbatas, kalau  e-commerce tak terbatas luas tokonya dan jangkauan pemasarannya," ujar Ahmad. 

Sebanyak 600 UKM di bawah Kementerian Koperasi dan UKM sebagian sudah memiliki website untuk e-commerce. Namun memang ada UKM yang belum memanfaatkan e-commerce.

"Kami mendorong UKM untuk memanfaatkan  e-commerce kalau mau eksis dalam persaingan global. UKM harus mengembangkan bisnisnya secara digital," katanya.

Dalam Smescotrade.com, dia menerangkan berisi display produk-produk UKM yang di jual. Di website tersebut terdapat  11 ribu produk dari 1.607 UKM. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement