Jumat 26 Feb 2016 05:55 WIB

PALYJA Bocorkan Tips Cara Menghemat Air

Air bersih
Foto: Pixabay
Air bersih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tak bisa dilepaskan. Selain untuk diminum, air memiliki banyak fungsi seperti untuk mencuci, membersihkan tubuh dari kotoran, dan sebagainya.

Salah satu perusahaan pemasok air di Jakarta, PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) membagikan tips bagaimana Anda di rumah bisa menghemat pemakaian air. Pasalnya, meski air diberikan secara cuma-cuma, bila tidak dimanfaatkan dengan baik pun akan sangat merugikan.

Dikutip dalam laman resmi PALYJA, hal pertama yang perlu dilakukan dalam menghemat air saat Anda minum, gunakan 1 gelas dalam 1 hari untuk menghindari pencucian berulang-ulang. Hal ini mencegah terjadinya pemborosan air besar-besaran.

Selain itu, pada saat Anda mandi, jangan biasakan mensikat gigi dalam keadaan kran air mengucur begitu saja. Anda bisa menutupnya dan membuka kembali bila sudah siap untuk berkumur.

Kemudian, saat mandi, matikan kran air ketika sabunan, sikat gigi dan keramas. Apabila menggunakan shower, gunakan pancaran yang rendah dan beri batasan waktu mandi di pancuran (tidak lebih dari 5 menit). Jangan pula biarkan air terus menerus terkucur sewaktu mencuci piring.

Bila Anda ingin memandikan hewan kesayangan, ada baiknya di area yang membutuhkan air lebih banyak. Bahkan, untuk menyiram tanaman, disarankan menggunakan air hujan yang sebelumnya ditampung.

Hindari juga membeli mainan yang menggunakan air sangat banyak. Hentikan rengekan anak bila meminta jenis mainan ini. Selain dapat membuang-buang air dengan percuma di jalan raya, mainan berisi air ini juga bisa berbahaya bila dimainkan oleh banyak orang. Jalan menjadi licin dan dapat membuat orang terpeleset.

Beritahukan kepada orangtuamu jika melihat ada kran bocor di dalam rumah. Jika melihat ada kebocoran pipa di luar rumah atau di jalan raya, laporkan segera ke Call Center 24 Jam PALYJA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement