Rabu 17 Feb 2016 15:24 WIB

WIKA akan Bentuk Anak Usaha Khusus Bangun Pembangkit Listrik

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
PT Wijaya Karya
Foto: indonesiakarir.info
PT Wijaya Karya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk berencana membentuk satu anak perusahaan yang khusus bergerak dalam pembangunan konstruksi sekaligus pembangkit tenaga listrik. Meski begitu, GM Power Plant and Energy Development WIKA Novias Surendra menyebutkan belum tahu pasti kapan anak usaha ini akan terbentuk. Untuk sementara ini, kata dia, rencana ekspansi ke sektor pembangkit tenaga listrik akan ditampung di dalam holding perusahaan.

"Belum, kita masih di-holding. Kita masih di bawah PT Wijaya Karya. Nggak khusus gitu. Kita belum ya. Mungkin nanti," kata Novias saat ditemui usai menjadi pembicara dalam Shell Technology Conference, di Jakarta, Rabu (17/2).

WIKA berencana ekspansi ke sektor ketenagalistrikan dengan mengerjakan 10 persen dari proyek 35 ribu mega watt (MW) yang dicanangkan pemerintah. Artinya, perusahaan spesialis konstruksi ini berniat menggarap 3.500 MW pembangkit tenaga listrik sebagai independent power producer (IPP).

Novias menjelaskan, saat ini setidaknya sudah ada lima pembangkit IPP yang dikerjakan WIKA dengan kapasitas masing-masing 200 MW. Sumber tenaga listrik nantinya, akan menyesuaikan kebutuhan PT PLN (persero) sebagai pihak yang akan mendistribusikan listrik ke masyarakat. PLN mendapat jatah 5.000 MW pembangkit dalam proyek 35 ribu MW.

Baca juga: WIKA Target Garap Pembangkit Listrik 3.500 MW

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement