Selasa 16 Feb 2016 06:10 WIB

Bank Islam Pertama di Rusia Beroperasi Akhir Maret 2016

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Muslim Rusia (ilustrasi)
Foto: EPA/Artur Shvarts
Muslim Rusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Bank Islam pertama di Rusia akan mulai beroperasi pada akhir Maret 2016 mendatang. Bank ini akan berurusan dengan investasi asing.

Bank Islam yang bernama The Partnership Banking Center itu akan mulai beroperasi di Kota Kazan, Republik Tatarstan, 500 mil di timur Moskow. Perwakilan Tatfondbank yang terlibat dalam proyek tersebut menyebutkan, The Partnership Banking Center didirikan dengan mengacu praktik umum di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Bank ini akan fokus pada nasabah individu dan korporasi, terutama menangkap peluang investasi Islam di Rusia. The Partnership Banking Center juga akan menandatangani kerja sama dengan Bank Pembangunan Islam, demikian dilansir Russia Behind The Headlines, akhir pekan lalu.

Pembentukkan bank Islam pertama ini memungkinkan pasca amandemen peraturan perbankan oleh parlemen akhir Januari lalu. Dengan perubahan aturan itu, bank-bank juga diperbolehkan dana nasabah dikelola berdasarkan kontrak tertentu termasuk kontrak sesuai ketentuan agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement