Senin 15 Feb 2016 11:38 WIB

CEO Zahir: Software Akuntansi Kunci Penting Memenangkan Persaingan Bisnis

Stan Zahir dalam sebuah pameran  komputer dan teknologi di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta beberapa waktu lalu.
Foto: Dok Zahir
Stan Zahir dalam sebuah pameran komputer dan teknologi di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,AMSTERDAM -- Tantangan pengusaha dalam menjalani  bisnis di era digital seperti sekarang semakin meningkat. "Tidak bisa dipungkiri, teknologi telah membawa banyak perubahan di peta persaingan bisnis saat ini," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Zahir Internasional Muhamad Ismail melalui rilis kepada Republika, Senin (15/2).

Muhamad menambahkan, peta persaingan bisnis itu antara lain lahirnya pesaing-pesaing baru, inovasi produk-produk baru, hingga hadirnya berbagai model bisnis baru yang berbasis teknologi. "Berbicara mengenai persaingan bisnis, saat ini bukan hanya berbicara mengenai kompetisi bisnis dalam negeri, tetapi juga persaingan dengan kompetitor luar negeri, terutama dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak awal 2016," ujar Muhamad.

Terkait persaingan bisnis yang semakin keras, kata Muhamad, penting sekali bagi setiap perusahaan menggunakan software akuntansi. "Software akuntansi merupakan  teknologi penting bagi perusahaan untuk terus mampu bersaing dan beradaptasi di era yang serba cepat seperti saat ini," tutur MUhamad.

Menurut Muhamad, software akuntansi bukan hanya sekadar pelengkap bisnis, tetapi juga kunci utama dari bisnis yang terus berkembang dan mampu terus bersaing. "Software akuntansi bukan lagi sebagai teknologi pelengkap bisnis, tetapi sudah menjadi urat nadi sebuah bisnis," tegas Muhamad.

Mengapa penggunaan teknologi seperti software akuntansi menjadi begitu penting saat ini? Menurut Muhamad, karena software akuntansi saat ini harus menjadi fondasi informasi bagi pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan. "Baik untuk mengetahui kondisi keuangan, posisi kas, utang piutang jatuh tempo, hingga laba rugi perusahaan, diperlukan software akuntansi," papar Muhamad.

PT Zahir Internasional merupakan pengembang software akuntansi dengan merek dagang Zahir Accounting sejak 1996. Bermula dari Zahir Accounting versi 1.0, kini Zahir Accunting telah berkembang menjadi versi 6.0. Bahkan sejak tahun 2015, Zahir Accounting sudah meluncurkan produk terbaru, yakni Zahir Online. "Pengembangan Zahir Accounting saat ini adalah aplikasi akuntansi berbasis web," ungkap Muhamad Ismail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement