Rabu 10 Feb 2016 15:57 WIB

Iran-Saudi Negosiasi Soal Pasar Minyak

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Aktivitas pengeboran di ladan minyak Iran
Foto: REUTERS
Aktivitas pengeboran di ladan minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran akan bernegosiasi terkait pasar minyak dengan Arab Saudi. Langkah ini diambil mengingat Iran yang akan kembali memasuki pasar minyak pascapencabutan sanksi.

Dilansir laman Al Jazeera, Menteri Perminyakan Iran Bijan Zangeneh mengatakan negara ini siap bernegosiasi dengan Arab Saudi dan anggota OPEC lainnya. Negosiasi dilakukan untuk menanggapi kondisi yang 'mengerikan' saat ini di pasar minyak internasional.

Teheran berencana akan kembali mengekspor minyak pascapencabutan sanksi. Mereka mengumumkan akan menghasilkan 500 ribu barel minyak per hari, yang akan menambah tekanan signifikan pada persediaan minyak di pasar.

"Kami mendukung segala bentuk dialog dan kerja sama dengan negara-negara anggota OPEC, termasuk Arab Saudi," ujar Zangeneh kepada wartawan.

Menurutnya jika ada kemauan politik yang kuat, maka harga minyak akan seimbang dalam waktu sepekan. Menurutnya saat ini tak ada produsen minyak yang bahagia dengan harga sekarang. Harga saat ini menurutnya meruhikan pemasok dalam jangka panjang.

Zangeneh menambahkan Iran butuh investasi sebanyak 200 miliar dolar Amerika Serikat untuk memperbaiki industri minyaknya.

Sektor minyak global mengalami pukulan sejak musim panas 2014. Mereka kehilangan sekitar 70 persen dari nilainya. Sementara negara-negara OPEC enggan mengalah pada pasar yang telah dibanjiri minyak. Ini membuat produksi minyak mencapai 30 juta barel per hari.

Melimpahnya persediaan minyak, membuat harga minyak mentah dunia jatuh dari 100 dolar AS per barel pada Juli 2014 menjadi di bawa 30 dolar AS per barel saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement