Rabu 30 Dec 2015 22:15 WIB

Pemerintah Susun Aturan Standar Kawasan Industri

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian saat ini sedang menyusun rancangan peraturan menteri perindustrian (permenperin) tentang standar kawasan industri. Nantinya, standar kawasan industri akan digunakan sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi dan menilai kinerja perusahaan pengelola kawasan industri.

"Setelah permenperin tersebut terbit, maka semua kawasan industri wajib mengikuti standar yang sudah ditetapkan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono, Rabu (30/12).

Imam menjelaskan, ada empat kriteria yang diterapkan dalam standar kawasan industri. Kriteria tersebut antara lain, aspek manajemen dan pelayanan yang mengharuskan pengembang memiliki rencana bisnis, serta mematuhi rasio peruntukan lahan kawasan industri. Kemudian, ada pula aspek sarana dan prasarana, yakni pengembang harus menyediakan jaringan jalan, jaminan penyediaan energi, dan memiliki sistem drainase yang baik.

Selain itu, kawasan industri juga harus memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan, dan kepedulian serta pemberdayaan masyarakat.

Sebagai persiapan dalam penerapan standar kawasan industri, Kementerian Perindustrian menginisiasi pemberian penghargaan kepada perusahaan kawasan industri. Pemberian penghargaan tersebut sebagai apresiasi kepada para pengelola kawasan industri yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

"Ini keikutsertaannya masih bersifat sukarela, tapi nanti saat permenperin sudah terbit semua kawasan industri wajib mengikuti standar," kata Imam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement