Senin 14 Dec 2015 23:12 WIB

Mandiri Gandeng Grup Alfa untuk Pembayaran BPJS Kesehatan

Rep: christiyaningsih/ Red: Taufik Rachman
alfamart
Foto: alfamart
alfamart

REPUBLIKA.CO.ID,Mandiri Gandeng Alfa Group Layani Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

JAKARTA --Bank Mandiri bekerja sama dengan jaringan ritel Alfamart menyediakan pembayaran iuran BPJS.

Kerja sama tersebut diresmikan melalui uji coba pembayaran langsung iuran BPJS Kesehatan oleh Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris bersama Senior EVP Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, dan Direktur Corporate Affair Alfamart Solihin di gerai Alfamart Mardani Raya, Cempaka Putih, Jakarta pada Senin (14/12).

Melalui kerja sama ini masyarakat dapat memanfaatkan seluruh jaringan Alfa Group untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Jaringan Alfa Group terdiri atas 10.337 gerai Alfamart, 883 gerai Alfamidi, 35 gerai Lawson, dan 45 gerai Dandan.

Rico mengatakan kerja sama perluasan akses ini merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta implementasi dari semangat  Bank Mandiri untuk menjadi sahabat negeri. "Dengan demikian Bank Mandiri turut berkontribusi membangun sistem jaminan sosial yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ungkap Rico.

Kerja sama dengan Alfa Group merupakan bagian dari program dukungan Bank Mandiri untuk pembayaran BPJS melalui jaringan Payment Point Online Bank (PPOB) melalui modern channel.

Bank Mandiri telah menyiapkan PPOB konvensional lebih dari 2.700 loket pembayaran. Loket-loket tersebut terdiri atas warung atau toko milik masyarakat serta koperasi di seluruh Indonesia. Secara bertahap jumlah ini akan ditambah hingga enam ribu loket pembayaran.

"Jika tahun lalu frekuensi transaksi pembayaran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri rata-rata lebih dari 700 ribu transaksi per bulan untuk sektor Bukan Penerima Upah (BPU) saja, tahun ini meningkat menjadi rata-rata lebih dari 1,4 juta transaksi per bulan," kata Rico. Ia mengungkapkan saat ini rata-rata nilai nominal transaksi iuran BPJS Kesehatan mencapai Rp 133 miliar per bulan.

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris menjelaskan pembayaran PPOB melalui modern channel sangat mudah. "Calon peserta atau peserta BPJS Kesehatan cukup menunjukkan nomor VA-nya kepada kasir minimarket," kata mantan Menteri Kesehatan itu.

Biaya surcharge untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp 2.500 per transaksi. Namun ke depannya tagihan satu keluarga dapat digabung menjadi satu sehingga masyarakat cukup mengeluarkan biaya satu kali transaksi pembayaran.

Direktur Corporate Affair Alfa Group, Solihin, berharap pangsa pasar Alfa Group semakin luas dan menjaga traffic pelanggan yang datang ke gerai. "Ini merupakan momentum yang baik bagi Alfa Group untuk meningkatkan pelayanan konsumen karena pembayaran BPJS Kesehatan di sini lebih mudah dan tidak perlu antre banyak," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement