Sabtu 21 Nov 2015 16:28 WIB

Kazakhstan akan Bentuk Perusahaan Khusus Keuangan Islam

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Djibril Muhammad
Syariah
Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, ASTANA -- Kazakhstan akan membentuk perusahaan khusus keuangan Islam untuk menerbitkan sukuk.

"Bank Sentral Kazakhstan telah mengamandemen peraturan dengan tujuan untuk mempermudah syarat penerbitan sukuk negara," demikian pernyataan resmi Bank Sentral Kazakhstan seperti dikutip Astana Times, beberapa waktu lalu.

Pengembangan peraturan ini dibuat untuk menciptakan kerangka acuan harga dan pengurangan biaya pembentukan sukuk di Kazakhstan.

Secara khusus, amandemen ini memastikan pendirian Komite Aset Negara dan Privatisasi di bawah Kementerian Keuangan. Dengan begitu, akses kemitraan bisa dilakukan untuk penerbitan sukuk negara, sukuk korporasi, pemilihan aset dasar penerbitan sukuk, dan pemindahan aset dari satu otoritas ke Badan Pengelola Aset Negara baik dengan mekanisme jual beli atau sewa.

Amandemen peraturan dan penambahan beberapa poin baru juga jadi langkah Kazakhstan menangani kredit bermasalah dan modal Tier Dua di perbankan.

Kementerian Keuangan Kazakhstan juga tengah bersiap menerbitkan sukuk untuk menutup defisit APBN mereka. Sukuk ini rencananya akan diluncurkan setelah amandemen selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement