Rabu 18 Nov 2015 12:04 WIB
PT Pos Indonesia

Pos Indonesia Operasikan POSTshop bersama PT RNI dan PT PPI

Rep: osa/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Logo PT Pos Indonesia
Logo PT Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pos Indonesia (Persero) tak henti-hentinya melakukan transformasi dan pengembangan bisnisnya. Kini Pos Indonesia kembali meluncurkan POSTshop  yang di diberi nama POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik. 

POSTshop ini merupakan yang ke-43 dan menjadi  POSTShop pertama yang dibangun dengan sinergi 3 BUMN, yaitu PT Pos Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) , PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Dikatakan Manajer PR PT Pos Indonesia, A Sofian, grand opening POSTshop Jakarta Barat Sukabumi Udik, langsung dilakukan oleh Direktur Ritel dan Properti Pos Indoneisa GNP Sugiarta Yasa, Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Didik Prasetyo serta Dirut PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Dayu Padmara Rengganis, dengan dilakukan serah terima naskah Perjanjian Kerjasama Sinergi BUMN Pengelolaan POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik (18/11).

Konsep POSTshop sinergi BUMN ini adalah konsep penjualan ritel yang berada di ruang Kantor Pos dengan brand  POSTshop. Yaitu dengan menggabungkan layanan milik tiga perusahaan BUMN. Yaitu PT Pos Indonesia dengan layanan jasa Pos, PT RNI menyediakan produk consumer good dan PT. PPI menyediakan produk gula putih kristal.

Ketiga BUMN memiliki komitmen bersama-sama melayani masyarakat dalam sebuah tempat bernama POSTshop dengan pengelola POSTShop adalah Pos Indonesia.

''Namun tidak menutup kemungkinan ke depan, POSTshop bisa dikelola oleh Mitra baik dari BUMN, BUMD, Koperasi, UMKM, Perorangan dan sebagainya,'' papar Sofian dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (18/11).

Dijelaskan Sofian, POSTshop adalah inovasi bisnis Pos Indonesia yang menggabungkan layanan pos dengan layanan ritel modern. Bahkan di beberapa lokasi kantor pos, buka hingga pukul 22.00.

Di POSTshop menurutnya, masyarakat dapat sambil berbelanja kebutuhan sehari-hari layaknya ke toko,  minimarket atau convenience store. Masyarakat  bisa mengirim paket sekaligus melakukan pembayaran, seperti tagihan listrik, air atau cicilan motor, kartu kredit dan lainnya.

''Di Bandung dan Denpasar bahkan POSTshop menjadi tempat nongkrong anak muda, sekaligus pebisnis online yang setiap malam bisa mengirimkan paket dagangannya. POSTshop memiliki tagline “Kirim2-Bayar2-Belanja”,'' ungkap Sofian.

Menurut Sofian, kini pelanggan setiap saat dapat bertransaksi dan tidak lagi mengenal jam kantor. Sehingga kantor pos harus mengantisipasinya. POSTshop saat ini memang masih memanfaatkan kantorpos yang lokasinya strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Maraknya perdagangan online (e-commerce) direspon oleh Pos Indonesia dengan membuka layanan pos di POSTshop hingga pukul 22.00 Wib, bahkan beberapa POSTshop buka 24 jam.

Sejak diluncurkan akhir 2012, Pos Indonesia telah melakukan kerjasama kemitraan POSTshop dengan peritel modern seperti Indomaret, Alfamaret , Circle K, Coffe Toffe, Lotte Mart, Dunkin Donut, Koperasi dan beberapa pengusaha lokal dsb. Saat ini di seluruh Indonesia terdapat 38 Postshop Kemitraan dan 5 POSTshop Swakelola.

Menurut Sofian,  bisnis POSTshop ini dilakukan dengan pola bagi hasil (revenue sharing), yaitu persentase hasil penjualan produk dan jasa dikurangi Ppn. Revenue sharing dibayarkan setiap bulan. Mitra memberikan revenue sharing kepada PT Pos Indonesia, antara 1,5 hingga 10 persen, tergantung jenis toko POSTshop.

Mengundang Mitra Lokal

Diungkapkan Sofian, mitra atau investor yang bisa bekerjasama bukan saja dari peritel berjejaring. Namun juga terbuka kesempatan kepada BUMN, BUMD, Mitra Lokal, Koperasi dan UMKM. Investasi mitra dilakukan dalam bentuk renovasi gedung, penyedian rak-rak, penyedian barang dagangan (merchandise), sistem aplikasi, serta karyawan.

''Ke depan, POSTHshop akan hadir sebagai pemain ritel yang unik di mana produk yang dijual adalah  jasa pos dan  produk yang berasal dari produk UMKM seperti kerajinan, oleh-oleh khas, bahkan mungkin batu akik dan lainnya,'' papar Sofian.

Ditambahkannya, untuk menjadi Mitra POSTshop bisa menghubungi bagian Ritel dan Properti Kantor Regional Pos Indonesia. Atau divisi POSTshop Kantor Pusat Bandung atau melalui email [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement