Kamis 12 Nov 2015 18:50 WIB

Menkeu: Kucuran Dana Desa Naik 2016

Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan kucuran dana desa dari Pemerintah Pusat untuk tahun 2016 naik menjadi Rp 630 juta perdesa pertahun dari semula sebesar Rp280 juta perdesa per tahun.

Sementara itu dana desa yang dikucurkan dalam tahun 2015 sudah mencapai 80 persen, kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam rangka kunjungan kerja pemberdayaan pemberdayaan UKM dan ekonomi kerakyatan di PT Nagabhuwana Aneka Piranti di Manjung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (12/11).

Ia mengatakan dana desa yang dikucurkan tahun 2015 itu total sebesar Rp 20,7 triliun untuk 74.700 desa di tanah air. "Dana desa itu tahap pertama dan kedua yang dikucurkan sudah mencapai 80 persen dan yang 20 persen diharapkan bulan Desember nanti," katanya.

Bambang mengatakan melalui kucuran dana desa tersebut diharapkan akan bisa membangkitkan perekonomian di desa atau bisa untuk pembangunan infrastruktur, tetapi dalam pengerjaannya harus dilakukan secara swadaya atau padat karya dengan menfaatkan bahan baku yang ada di daerah masing-masing.

"Melalui dana desa ini diharapkan juga bisa digunakan untuk pengutan perekonomian yang bersandar pada prinsip optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya teknologi, sumber daya permodalan serta sumber daya manusia yang sebesar-besarnya diperuntukkan bagi kepentingan rakyat banyak," ujarnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement