Rabu 28 Oct 2015 15:13 WIB

Pintu Shinkansen dan Kokpit Boeing 787 Dibuat di Indonesia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Kereta cepat, Shinkansen
Foto: Rocketnews24
Kereta cepat, Shinkansen

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Indonesia menjadi salah satu produsen untuk komponen kereta cepat Shinkansen dan kokpit pesawat boeing 787. Komponen tersebut diproduksi oleh PT Ori Polytec Composite yang berada di Kawasan Industri Lippo Cikarang.

Deputi Sales Director PT.Ori Polytec Composite Paramita Sutoto mengatakan, produk komponen yang dibuat untuk Shinkansen yakni pintu pembatas antargerbong dan door partition seperti handling pintu. Sedangkan, produksi komponen boeing 787 dreamliner yakni fiberglass interior pesawat atau bagian kokpit pesawat. Khusus untuk pesawat, pabrik ini tidak hanya mengekspor ke Jepang namun juga ke Amerika.

"Kami kerja sama dengan Shinkansen kurang lebih sudah sepuluh tahun dan terus berjalan, sedangkan dengan boeing baru berjalan tiga tahun," ujar Paramita ketika ditemui di Cikarang, Rabu (28/10).

Menurut Paramita, Indonesia dilirik sebagai salah satu produsen komponen tersebut karena memiliki kualitas yang bagus yakni ringan dan kuat. PT Ori Polytec Composites memiliki tiga pabrik, dua diantaranya berada di Cikarang untuk pembuatan pipa dengan total kapasitas produksi 5.000 ton per tahun. Sedangkan satu lainnya berada di Tangerang untuk memproduksi komponen Shinkansen dan boeing 787, dengan total kapasitas produksi 2.000 ton per tahun. 

Perusahaan ini berstatus pemilik modal asing (PMA) dengan kepemilikan saham Singapore Highpolymer Chemical Products sebesar 9,45 persen dan PT Origa Mulia FRP sebesar 18,55 persen. Perusahaan tersebut sudah berdiri sejak 1993. Pada 2015 kapasitas produksinya mencapai 7.000 ton per tahun dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 850 orang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement