Selasa 27 Oct 2015 12:26 WIB

Perusahaan Korea Tertarik Melantai di Bursa Indonesia

Layar menunjukkan pergerakan saham di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI),
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Layar menunjukkan pergerakan saham di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menyampaikan bahwa sejumlah perusahaan asal Korea Selatan tertarik untuk mencatatkan sahamnya di Indonesia.

"Pada prinsipnya Bursa Efek Indonesia cukup terbuka, salah satu perusahaan jasa keuangan Korea Selatan, IDS Holding menyampaikan perusahaan Korea cukup tertarik untuk mencatatkan sahamnya di Indonesia kalau memungkinkan," ujar Tito Sulistio usai pembukaan perdagangan saham oleh jajaran pejabat IDS Holding di Jakarta, Selasa (27/10).

Ia menambahkan bahwa IDS Holding juga tertarik untuk melakukan bisnis jasa keuangan di Indonesia, mengingat kinerja industri pasar modal Indonesia yang cukup positif. Saat ini IDS Holding sedang melakukan proses akuisisi terhadap NC Securities. "Beberapa investor dibawa oleh IDS Holding ke Indonesia, mereka sedang mencermati kondisi pasar modal Indonesia," ucapnya.

Tito optimistis kinerja pasar modal Indonesia yang dapat dilihat dari pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada tahun ini mencatatkan hasil positif, menyusul kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. "Kepercayaan investor naik, yang paling terasa dampaknya terhadap pasar modal dari paket kebijakan ekonomi oleh pemerintah yakni jilid V mengenai perpajakan. Program tax amnesty akan dijalankan, saya percaya IHSG akan 'creeping up'," ucapnya.

Sementara itu, Komisaris NC Securities Bob Yanuar mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan "technical assistance" terkait akuisisi yang dilakukan IDS Holding. Proses itu membutuh waktu sekitar satu tahun, mungkin semester II tahun depan akan selesai.

"Besaran akuisisi masih dibicarakan, NC Securities akan mengeluarkan saham baru, kemungkinan besar IDS Holding akan menjadi mayoritas. Sudah sejak awal tahun 2015 ini IDS Holding sudah melakukan investasi ke dalam perusahaan," paparnya.

Ia menyampaikan bahwa setelah akuisisi rampung dilaksanakan, pihak IDS Holding menargetkan dalam lima tahu ke depan NC Securities mask ke dalam 10 besar nilai transaksi perdagangan saham di BEI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement