Selasa 27 Oct 2015 09:36 WIB

Sebelum Kembali ke Tanah Air, Jokowi Sempatkan Bertemu Bos Chevron

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Logo Chevron.
Foto: stateimpact.npr.org
Logo Chevron.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Executive Vice President Upstream Chevron James Johnson di Washington DC, Senin (26/10) waktu setempat.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dalam pertemuan dengan Chevron Presiden Jokowi menjelaskan percepatan penerapan paket-paket kebijakan ekonomi, dimana 60 persen perizinan di bidang ESDM sudah dipangkas. “Mereka mengapreasiasi itu,” kata Sudirman.

Sementera itu, Presiden Jokowi sendiri mengapresiasi keberadaan Chevron yang sudah 90 tahun di Indonesia, terutama karena 97 persen dari 40 ribu karyawannya adalah putra putri Indonesia. Disamping juga komitmen Chevron untuk terus membangun kemampuan sumber daya manusia Indonesia.

Sudirman mengatakan, ada beberapa proyek yang disiapkan, termasuk proyek besar Indonesia Deep Water Development (IDD), yang merupakan proyek terpenting yang dimiliki Indonesia. “Namun karena harga minyak saat ini kurang baik, maka mereka akan melakukan penyesuaian penghitungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sudirman menuturkan, pemerintah akan segera merespon revisi rencana pengembangan atau plant of development (POD) yang diajukan oleh Chevron. "SKK Migas sudah punya mekanisme yang lebih cepat untuk memberikan kepastian,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement