Selasa 13 Oct 2015 08:26 WIB

Gapkindo: Indonesia Produsen Karet Terbesar Kedua Dunia

Kebun Karet
Foto: Republika/Darmawan
Kebun Karet

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Indonesia masih tetap menjadi salah satu produsen karet terbesar dunia atau peringkat kedua dengan produksi pada tahun 2014 sebesar 3,2 juta ton.

"Indonesia pada 2014 dinyatakan menjadi produsen terbesar kedua setelah Thailand yang mencatatkan produksi 3.979.000 ton," kata Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo), Edy Irwansyah di Medan, Sumatra Utara, Senin (12/10).

Adapun peringkat ketiga penghasil karet terbesar dunia adalah Vietnam 1,042 juta ton. Untuk tahun 2015, kata dia, ada prediksi produksi karet Indonesia dan negara lain mengalami penurunan.

Asumsi itu mengacu pada perhitungan adanya gangguan cuaca dan termasuk kurangnya perawatan petani dampak permintaan dan harga jual yang anjlok. Harga karet di pasar internasional misalnya dewasa ini sekitar 1,3 dolar AS per kilogram (kg).

Akibat anjloknya harga di luar negeri, maka harga bahan olah karet rakyat atau bokar juga ikut tertekan. "Kondisi itu membuat petani malas menderes/menyadap dan beralih ke pekerjaan lain," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement