Ahad 27 Sep 2015 17:24 WIB

'Presiden Jokowi akan Jatuh'

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Uchok Sky Khadafi
Foto: antara
Uchok Sky Khadafi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi mengatakan, kondisi ekonomi yang melemah serta jumlah warga miskin yang meningkat dapat menjadi lampu merah bagi pemerintahan Joko Widodo. Menurutnya, jika kondisi saat ini dibiarkan dan tak ditangani maka dapat mengancam posisi Presiden Jokowi.

"Yang dikeluarkan BPS ini akan nambah, PHK nambah, terus orang Cina nambah ke sini. Gimana bantuan pemerintah untuk kita. Karena ke depan itu dolar naik, harga naik, orang miskin akan naik. Kalau dibiarkan akan lampu merah, presiden (Jokowi) akan jatuh," kata Uchok dalam acara diskusi di Jakarta, Ahad (27/9).

Uchok mengatakan, setiap kali presiden jatuh selalu didahului terjadinya fenomena El Nino yang kemudian dapat berdampak pada kondisi ekonomi. Lebih lanjut, ia juga menilai Jokowi kurang menunjukan kepemimpinannya dalam memimpin pemerintahan.

Selama ini, gaya kepemimpinan Jokowi justru tak terlihat dan dianggap tak memiliki sikap. "Kalau ingin menyelesaikan masalah ini dengan cara tidak gaduh, Jokowi itu harus memperlihatkan kepemimpinan dia. Caranya mengambil semua kepemimpinan politik dan ekonomi di tangan Jokowi. Karena selama ini yang memegang ekonomi itu JK," kata Uchok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement