Sabtu 26 Sep 2015 00:33 WIB

India Ikut Lakukan Penyelidikan Volkswagen

Rep: rizky jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Volkswagen
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Pemerintah India telah memerintahkan penyelidikan uji emisi terhadap kendaraan Volkswagen yang ada di negaranya. Hal ini menyusul adanya skandal uji emisi Volkswagen yang terjadi di Amerika Serikat.

"Kami ingin tahu apakah yang terjadi di Amerika Serikat bisa terjadi di India atau tidak," ujar salah satu pejabat pemerintah India seperti dikutip dalam surat kabar Mint, Sabtu (26/9).

Pemerintah India telah meminta lembaga pengujian Otomotif Asosiasi Riset India untuk mengevaluasi mobil Volkswagen. Skandal uji emisi Volkswagen tidak hanya terjadi di Amerika Serikat, namun juga melanda Eropa.

Pemerintah Jerman menyatakan, terdapat 2,8 juta unit kendaraan terkena skandal uji emisi tersebut. Mencuatnya kasus ini membuat pemerintah Jerman khawatir masalah serupa bisa saja terjadi pada perusahaan otomotif Jerman lainnya, seperti BMW dan Daimler.

Pasalnya, industri otomotif menjadi pilar pertumbuhan ekonomi Jerman dan menjadi sumber utama ekspor. Tak hanya itu, industri otomotif telah membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran di Jerman. n.rizkyjaramaya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement