Sabtu 26 Sep 2015 00:25 WIB

Skandal Emisi Volkswagen, Pasar Mobil Jerman Terguncang

Rep: rizky jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Volkswagen
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Menteri Transportasi Jerman Alexander Dobrint mengatakan, Volkswagen juga melakukan skandal uji emisi di Eropa yang merupakan pangsa pasar terbesar. Dia mencatat jumlah kendaraan yang terkena skandal uji emisi di Jerman saja mencapai 2,8 juta unit.

"Sekarang jelas kendaraan di Jerman juga menjadi korban dari skandal emisi tersebut, diantaranya adalah kendaraan mesin diesel dengan kapasitas 2,0 liter dan 1,6 liter," ujar Dobrint, dilansir Reuters, Sabtu (26/9).

Akibat skandal emisi tersebut, pasar mobil di Jerman dan Eropa menjadi terguncang. Para produsen khawatir hal ini akan berdampak pada penurunan penjualan mobil dengan mesin diesel.

Volkswagen telah lama dipandang sebagai simbol kehebatan industri otomotif Jerman. Apalagi, industri otomotif di negara tersebut merupakan salah satu sumber utama pendapatan ekspor.

Sebelum skandal uji emisi tersebut mencuat, pada awal September 2015 ini Volkswagen baru saja menyampaikan presentasi kepada para investor dalam pameran otomotif tahunan Frankfurt Motor Show.

Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak agar ada tindakan cepat untuk memulihkan kepercayaan dan nama baik Volkswagen di mata dunia. n.rizkyjaramaya

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement