Selasa 08 Sep 2015 14:54 WIB

Industri Susu Korsel Mulai Garap Produk Halal

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Aktor Lee Min Hoo dalam iklan susu Binggrae
Foto: koreanherald.com
Aktor Lee Min Hoo dalam iklan susu Binggrae

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Permintaan pasar terhadap produk-produk halal kian hari kian menunjukkan peningkatan. Bahkan kini Korea Selatan mulai melebarkan sayapnya dengan memproduksi minuman halal. Produsen susu asal negeri ginseng, Binggrae, untuk pertama kalinya akan mengekspor produknya yang telah mengantongi sertifikat halal.

Dikutip dari laman koreaherald.com pada Senin (7/9), pemerintah Korsel menyatakan Binggrae akan mengekspor susu rasa pisang. Setelah menempuh regulasi yang panjang selama setahun, produk Binggrae akhirnya menyapa konsumen makanan dan minuman halal di Malaysia.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian dan Keamanan Pangan Korsel, sebanyak 14,4 ton susu akan dikirim ke Malaysia pada 12 September mendatang. Tahun ini Binggrae menargetkan ekspor susu rasa pisangnya ke negeri jiran dapat mencapai 50 ton senilai 120 ribu dolar AS.

Sebelumnya, produsen susu yang telah malang melintang selama 40 tahun di industri Korsel ini telah mengirimkan sampel susu pada 15 Agustus lalu. Sampel susu itu ditujukan untuk mengetahui apakah produknya dapat memenuhi selera masyarakat Malaysia.

Ekspor ini merupakan hasil dari perjanjian bilateral antara Korsel dan Malaysia yang disepakati pada September 2014. Susu rasa pisang tersebut memperoleh sertifikat halal pada Maret lalu. "Kunjungan Presiden Park Gyeun-hye ke empat negara timur tengah menunjukkan perlunya batu loncatan bagi Korsel untuk merambah pasar produk halal," tulis Kementerian Pertanian Korsel dalam keterangan persnya.

Hingga saat ini baru dua produsen susu Korsel yang memperoleh sertifikat halal dari Malaysia. Kedua produsen tersebut adalah Binggrae dan Seoul Dairy Cooperative.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement