Jumat 04 Sep 2015 22:44 WIB

Bank Indonesia Resmikan BI Corner

Rep: C03/ Red: Djibril Muhammad
Bank Indonesia
Foto: Prayogi/Republika
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara meresmikan sekaligus membuka BI Corner di Institut Agama Islam Negri (IAIN) Maulana Hasanuddin Serang Banten, Jumat (4/9).

Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor III IAIN MH Suhadi Sa'ad, Kepala Kanor Wilayah (Kanwil) BI Banten Dwiharyo Setiawan, Anggota Komisi XI DPR RI, Zulkiefli Mansyah serta segenap sivitas akademik dan Mahasiswa IAIN MH.

BI Corner merupakan perpustakaan mini yang menyediakan sekitar dua ratus jenis buku ekonomi seperti bisnis, perbankan, managemen ekonomi Islam, perbankan syari'ah, hukum perbankan, perpajakan, ensiklopedia dan masih banyak lainnya.

Selain itu BI Corner juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti komputer dan televisi (Audio Visual) untuk menunjang informasi dan memberikan kenyamanan bagi mahasiswa.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Program Sosial Indonesia Cerdas, keberadaan BI Corner bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya mahasiswa IAIN MH tentang ekonomi dan dunia perbankan. Sehingga dengan ini pula diharapkan mereka mengenal lebih jauh tentang fungsi dan tugas Bank Indonesia.

Program pembangunan BI Corner kali ini merupakan kedua di Provinsi Banten, setelah sebelumnya BI juga meresmikan BI Corner di Universitas Tirtayasa. Selain itu, dengan ini BI sudah membangun lima belas BI Corner yang tersebar di seluruh Universitas terkemuka di Indonesia.

Program baru ini menjadi salah satu andalan kegiatan sosial Bank Sentral yang bertugas menjaga stabilitas ekonomi bangsa. Untuk diketahui pada 2015 ini, BI tengah menargetkan agar terdapat seratus BI Corner yang tersebar di seluruh Universitas di Indonesia. Sementara diharapkan hingga 2020 terdapat sedikitnya seribu BI Corner yang tersebar.

Selain program BI Corner, kedepannya BI juga berencana untuk membuat semacam galeri investasi yang akan ditempatkan juga di Universitas dan perguruan tinggi. Galeri investasi ini awalnya merupakan tantangan dari anggota DPR RI Zulkiefli Mansyah yang meminta agar BI membuat galeri investasi sehingga mereka mendapat pengalaman dan pengetahuan soal pasar modal.

"Mudah-mudahan bantuan dari BI ini bukan yang terakhir, kami dari BI memang ada kefiatan CSR, dan BI Corner ini merupakan kegiatan terbaru kami. Selain itu kami juga sudah memberikan beasiswa kepada 72 Universitas di Indonesia, mungkin ada tiga ribu mahasiswa di seluruh Indonesia, semoga dengan itu bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk kemajuan Indonesia," kata Mirza Adityaswara.

Pembukaan peresmian BI Corner di tandai dengan penandatangan kesepakatan MoU antara Bank Indonesia dengan pihak IAIN MH, serta pengguntingan pita yang dilakukan oleh Mirza Adityaswara.

Sementara itu wakil rektor III Suhadi Sa'ad mengungkapkan fasilitas yang telah diberikan BI akan bermanfaat bagi para mahasiswa terutama yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Di mana pada fakultas ini terdapat tiga konsentrasi jurusan yakni prodi ekonomi syari'ah. perbankan islam dan asuransi syariah.

"Ini sangat berharga sekali, terutama bagi mahasiswa kami yang menggandrungi ekonomi. Tentu kami akan mensosialisasikan BI Corner ini, agar mereka bisa berdiskusi tentang materi-materi ekonomi di sini," tutur Suhadi.

Selain membuka dan meresmikan BI Corner, Mirza Adityaswara pun memberikan kuliah umum bagi seluruh mahasiswa IAIN MH Serang dengan tema mengenal Bank Indonesia dan mengetahui perkembangan ekonomi terkini tantangan dan prospek ke depan perekonomian Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement