Sabtu 29 Aug 2015 06:19 WIB

Layanan dalam Genggaman yang Memanjakan Pelanggan

Salah satu layanan darurat Garda Siaga dari Garda Oto.
Salah satu layanan darurat Garda Siaga dari Garda Oto.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Erik Purnama Putra/Wartawan Republika

Konsumen adalah raja. Begitu mungkin yang ada di benak pimpinan Garda Oto yang merupakan layanan dari Asuransi Astra. Terus berupaya menjadi market leader di bidangnya, perusahaan tersebut berupaya memanjakan konsumennya. Inovasi terbaru yang dihadirkan adalah dengan hadirnya aplikasi Garda Mobile Otocare. Peluncuran aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play (Android) dan Apple App Store (iOS/iPhone) tersebut dilakukan sejak Juni lalu.

Menyadari bahwa pelanggan Garda Oto membutuhkan nilai tambah atas keikutsertaannya, tentu saja hadirnya aplikasi tersebut sangat memanjakan pelanggan. Dengan cukup mengunduh Otocare, peserta Garda oto dapat mengakses beragam informasi dalam aplikasi yang mengusung moto ‘Peace of Mind In Your Pocket' tersebut dalam satu genggaman.

Sebagaimana dijelaskan CEO Asuransi Astra Santosa, aplikasi Otocare mengusung berbagai fitur, seperti pengingat jatuh tempo polis asuransi, servis berkala mobil, tanggal jatuh tempo surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK), serta estimasi biaya bahan bakar harian. Di samping itu, para pengguna pun tidak perlu khawatir jika terjebak dalam kondisi darurat.

 

Pasalnya, Otocare dilengkapi dengan informasi fasilitas umum penting yang terdekat dengan pengguna kendaraan bermotor seperti kantor cabang Asuransi Astra, Garda Center, rumah sakit, apotek, supermarket, dan SPBU. Belum lagi, Otocare juga memiliki fitur Call Garda Akses 1 500 112 untuk memudahkan pengguna menghubungi Asuransi Astra guna mendapatkan informasi layanan dan produk.

Selain itu, juga ada fitur Inbox yang akan memudahkan pengguna menerima informasi dari Garda Oto, serta fitur Knowledge sebagai penambah wawasan berkendara aman. Khusus bagi pelanggan Garda Oto, aplikasi dengan memori download 4,79 megabyte tersebut menyediakan fitur Garda Oto Claim sebagai alternatif layanan yang memudahkan pelanggan dalam pengajuan klaim.

Dengan beberapa keunggulan itu, tidak kalah jika Santosa berujar bahwa Garda Mobile Otocare dibuat sebagai bukti komitmen Asuransi Astra untuk memberikan layanan terbaik dan mendekatkan diri kepada para pelanggannya. “Garda Mobile Otocare menghilangkan jarak ruang dan waktu antara kami dengan para pelanggan karena kami selalu berada di saku pelanggan kami selama 24 jam sehari," ujar Santosa.

Menjangkau daerah

Demi memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, Asuransi Astra tidak melulu berkutat di Jabodetabek dan Surabaya. Komitmen mereka direalisasikan dengan memperluas jaringan Garda Center hingga merambah tiga kota di daerah sekaligus, yaitu Yogyakarta, Medan, dan Pekanbaru.

Pembukaan garda center di di pusat perbelanjaan di tengah kota tersebut merupakan salah satu upaya Asuransi Astra dalam memberikan layanan yang mudah dijangkau dengan waktu yang lebih fleksibel. Dengan begitu, Sudah tersedia jaringan yang tersebar di 27 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang siap memberikan layanan maksimal.

Pemilihan lokasi yang strategis adalah pertimbangan utama dalam membuka Garda Center, diharapkan dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya pelanggan Garda Oto yang hendak melakukan klaim atau melakukan penutupan polis asuransi dengan membeli polis baru.

Nilai plusnya, petugas Garda Center tetap melayani pelanggan yang menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di pusat perbelanjaan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi Garda Oto kepada pelanggan yang mengutamakan kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan juga mudah dijangkau. Dengan begitu, ditinjau dari segi apa pun, konsumen sangat dimudahkan kalau ingin melakukan konsultasi atau mendapat layanan petugas Garda Oto.

Terpercaya

Satu nilai yang tidak dapat ditemukan di perusahaan pesaing adalah soal kepercayaan. Garda Oto sudah menjadi yang terdepan dalam memberikan komitmen terhadap pelanggannya. Hal itu tidak sekadar klaim, namun dibuktikan lewat berbagai penghargaan. Belum lama ini, Asuransi Astra tersebut selama tiga hari berturut-turut meraih kemenangan dalam tiga penghargaan bergengsi yang diadakan media di Indonesia.

Penghargaan itu, yaitu predikat Best General Insurance 2015 dalam 'Media Asuransi Insurance Ward 2015', predikat The Best in Building and Managing Corporate Image dalam 'Corporate Image Award 2015', dan Frontier Consulting Group, serta predikat Best Financial Performance dalam 'Living Legend Companies Award 2015'.

Menurut Santosa, penghargaan yang didapat tersebut semakin memantapkan posisi sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki kinerja keuangan baik dengan berbagai inovasi layanan sehingga  mampu bertahan tetap menjadi yang terbaik di bidangnya. Menurut dia, penghargaan itu dapat diartikan sebagai wujud apresiasi dari masyarakat atas perbaikan berkelanjutan yang dilakukan perusahaannya.

"Namun di atas itu semua, yang kami cari adalah kepuasan pelanggan, bagaimana kami tetap bisa memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan melalui layanan-layanan yang kami miliki,” ujar Santosa.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement