Rabu 26 Aug 2015 10:29 WIB

Bank DKI Syariah Raih UUS Terbaik

Bank DKI Syariah menerima penghargaan sebagai UUS Terbaik versi  majalah Investor.
Foto: Dok UUS Bank DKI
Bank DKI Syariah menerima penghargaan sebagai UUS Terbaik versi majalah Investor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bank DKI Syariah berhasil membukukan penghargaan sebagai unit usaha syariah (UUS) terbaik (Best Syariah 2015) versi majalah Investor. Penghargaan tersebut diberikan dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta pekan lalu.

UUS PT  Bank DKI yang dinakhodai oleh Harijanto sukses mempertahankan posisi teratas untuk kategori UUS  Terbaik dengan aset di atas Rp 1 triliun – Rp 5 triliun.

Harijanto mengemukakan, UUS PT Bank DKI terus berbenah dan melakukan cukup banyak terobosan dalam strategi bisnisnya. Bank tersebut lebih selektif dalam melakukan ekspansi pembiayaannya, dan fokus menekuni bisnis usaha mikro kecil menengah  (UMKM).

“Hal itu karena sektor UMKM telah terbukti lebih tahan terhadap krisis dan lebih bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat,” ujar Harijanto dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (24/8).

Harijanto menambahkan,  kinerja UUS Bank DKI tahun 2010-2014 menunjukkan performans  yang sangat baik. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan rata-rata untuk pembiayaan  48,4 persen,  dana pihak ketiga (DPK) 64,8 persen  dan laba meningkat rata-rata 269  persen per tahun.

Ia menyebutkan, dari tahun ke tahun pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF)  UUS Bank DKI terus menunjukkan perbaikan yang signifikan. Saat ini NPF gross UUS Bank DKI  sekitar 3,86  persen dan NPF nett sekitar 1,91 persen.  “Rasio NPF UUS PT Bank DKI saat ini tergolong baik dan terus mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir,” kata Harijanto.

Untuk target hingga akhir tahun 2015,  pertumbuhan pembiayaan sekitar 18,2 persen  dan DPK sekitar 23 persen. “Kami mengestimasikan target pertumbuhan tersebut dapat tercapai. Saat ini pencapaian pembiayaan sudah 89  persen  dan DPK mendekati sekitar 80 persen,” ujar Harijanto.

Saat ini jaringan kantor UUS Bank DKI meliputi dua kantor cabang syariah di wilayah Jakarta, satu  kantor cabang syariah di wilayah Bandung, 10 kantor cabang pembantu syariah dan  enam kantor kas syariah dan didukung kantor layanan syariah (office channeling) Bank DKI konvensional.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement