Ahad 16 Aug 2015 18:07 WIB

Harga Daging Ayam Potong di Depasar Naik

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Teguh Firmansyah
Pedagang ayam memotong ayam di salah satu lapak penjualan ayam potong di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (11/8).   (Republika/Agung Supriyanto)
Pedagang ayam memotong ayam di salah satu lapak penjualan ayam potong di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (11/8). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Diduga karena pasokan berkurang, harga daging ayam potong di Denpasar, Bali, dua hari terakhir naik sampai sepuluh persen. Pada pekan pertama Agustus, per kilo hanya Rp 29.000, namun sekarang berkisar Rp 32.000-Rp 33.000.

"Suplainya ayam hidupnya berkurang, barangkali karena kesibukan perayaan 17 Agustusan," kata Tohirin, pedagang daging ayam potong di Depasar, Barat. Kepada Republika, Ahad (16/8), Tohirin mengatakan, sebelumnya dia menjual daging ayam Rp 29 ribu per kilogram, namun terus naik jadi Rp 30 ribu dan kini seharga Rp 32 ribu.

Menurut Tohirin, harga akan kembali turun, bila pasokan ayam sudah kembali normal. Tohirin tak menampik menjelang perayaan Hari Kemerdekaan, permintaan akan daging ayam juga mengalami peningkatan, sehingga kenaikan harga tidak bisa dihindari.

Di sisi lain sebutnya, Bali hanya mengandalkan pasokan ayam dari peternak lokal dan menghindari kiriman ayam dari luar Bali.

Para suplier, menolak pasokan ayam dari Pulau Jawa untuk mengindari terjadinya perang harga. Selain itu juga sebut Tohirin, untuk menghindari kemungkinan penyakit yang dibawa oleh ayam kiriman itu. "Tapi ini tidak akan naik lagi, apalagi perayaan Agustus segera berlalu dan peternak sudah bisa bekerja kembali."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement