Kamis 30 Jul 2015 00:00 WIB

PM Yunani Harap Terima Bailout pada November

Rep: c32/ Red: Satya Festiani
PM Yunani Alexis Tsipras
Foto: antara
PM Yunani Alexis Tsipras

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyatakan hari ini (29/7) ia akan memiliki utang atau menerima dana talangannya. Ia berharap dana tersebut bisa didapatkan pada November.

“Kami akan memiliki utang atau dana talangan itu pada November," kata Tsipras seperti yang dikutip oleh Sputnik News, Rabu (29/7).

Terkait dana tersebut, Yunani akan memiliki utang senilai 270 miliar dolar AS dengan total hutangnya sebesar 350 miliar dolar AS. Utang tersebut tentunya kepada kreditor utamanya yaitu Bank Sentral Eropa (ECB), Dana Moneter International (IMF), dan negara-negara zona euro.

Setelah banyaknya putaran perundingan, negara-negara zona euro sepakat pada 13 Juli untuk memberikan 95 miliar dolar AS kepada Athena. Tentunya kesepakatan tersebut dengan adanya persyaratan penghematan yang harus dilakukan oleh Yunani.

Yunani saat ini sedang dalam kondisi pembicaraan pemberian pinjaman atas kesepakatan akhirnya. Pihaknya berusaha untuk menyelesaikan negosiasi tersebut pada 12 Agustus nanti.

Sebelumnya, Komisaris Uni Eropa Ekonomi dan Urusan Keuangan Pierre Moscovici mengatakan kreditor Yunani siap untuk memberikan bantuan utang untuk Athena. Namun hal tersebut akan dilakukan jika negara sepenuhnya sesuai dengan persetujuan paket bailout barunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement