Selasa 28 Jul 2015 22:16 WIB

Yunani Tunggu Lampu Hijau ECB untuk Buka Saham

Rep: C32 / Red: Djibril Muhammad
 Aksi unjuk rasa anti-kapitalisme
Aksi unjuk rasa anti-kapitalisme "Blockupy" di depan kantor pusat Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, Sabtu (8/6). (Reuters/Ralph Orlowski)

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA – Yunani sedang menunggu lampu hijau dari Bank Sentral Eropa (ECB) mengenai perencanaan pembukaan saham di bursa Athena. Selama sebulan pasar saham di Athena lumpuh.

Regulator Yunani menawarkan dua rencana yang berbeda untuk membuka kembali bursa saham tersebut. Kedua rencana tersebut, salah satunya memungkinkan perdagangan terbatas dan kedua pembatasan perdagangan oleh investor Yunani.

"Apakah kita akan membuka besok atau hari lain tergantung pada saat kita mendapatkan respon dari ECB," kata salah satu sumber seperti yang dilansir Reuters, Selasa (27/8).

Pemerintah Yunani tidak mengetahui kapan keputusan ECB akan keluar. Sebab, keputusan ECB akan  sangat menentukan untuk perekonomian Yunani.

Seperti diketahui, bursa Athena telah ditutup sejak 29 Juni 2015 setelah pemerintah menutup bank dan pihak pengontrol modal. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya penarikan massal oleh masyarakat Yunani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement