Kamis 23 Jul 2015 15:35 WIB

Siap Diluncurkan, Harga Pertalite Rp 8.400?

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Petugas memegang keran pompa bensin jenis Pertalite di SPBU, Jakarta, Rabu (22/7).  (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas memegang keran pompa bensin jenis Pertalite di SPBU, Jakarta, Rabu (22/7). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Produk BBM jenis baru, Pertalite, rencananya akan diluncurkan secara serentak di 103 SPBU di 3 kota besar pada Jumat (24/7) besok. Pertamina sempat menyatakan bahwa produk ini akan dipasarkan dengan harga di antara Premium dan Pertamax. Lantas berapa harga pastinya?

Santer beredar kabar bahwa harga Pertalite adalah Rp 8.400. Saat dikonfirmasi kepada Ketua II Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Muhammad Ismeth, dirinya tidak menampik atau membenarkan hal ini. Dia hanya meminta masyarakat menanti peluncuran secara resmi esok hari.

"Saya belum dapat surat resmi dari Pertamina mengenai itu. Soal harga besok saja lah ya pas peluncuran," ujar Ismeth, Kamis (23/7).

Ismeth menambahkan, persiapan H-1 peluncuran sebetulnya tidak banyak. Dispenser untuk Pertalite sendiri tidak akan menggunakan dispenser baru, melainkan menggunakan dispenser yang sudah ada. Ismeth memisalkan, Pertalite akan memakai jatah dispenser produk lain yang dianggap penjualannya tidak signifikan.

"Terus nozzle juga tidak ditambah. Tinggal gini, kalau ada 8 nozzle untuk premium misalnya, kita pakai 1 untuk Pertalite," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyebutkan, pemerintah mendukung peluncuran Pertalite untuk menambah pilihan produk BBM kepada masyarakat.

"Penjelasan yang saya terima, Pertalite memberi pilihan kepada masyarakat akan bahan bakar yang mebih bermutu dan ramah lingkungan," ujar Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement