Senin 06 Jul 2015 18:21 WIB

Lebaran, Pasokan Sembako Dipastikan Aman

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Satya Festiani
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan memastikan perkembangan pasokan kebutuhan pokok selama bulan puasa dan Lebaran aman di seluruh indonesia. Stok dan pasokan cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan lima bulan ke depan.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, harga sembako di pasar tradisional stabil. ''Upaya dilakukan pemerintah dalam jaga stabilitas barang kebutuhan pokok hadapi puasa dan lebaran,'' kata dia di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/7).

Menurut Rachmat, beberapa cara untuk menstabilkan harga, pertama, dengan adanya Perpres 71 tahun 2015 pemerintah bisa mengontrol stok dan logistik ekspor dan impor. Kedua, melakukan koordinasi bersama pemerintah dan lembaga produsen dan pengusaha.

Ketiga, lanjut dia, akses masyaraat berpendapatan rendah terhadap pangan murah dilakukan operasi pasar atau pasar murah. Untuk penurunan disparitas harga, bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan melakukan gerai maritim. Hal tersebut sudah dilakukan sejak dua minggu lalu.

Dia melanjutkan, selain itu perdagangan antarpulau dioptimalkan dan sarana distribusi seperti pasar rakyat modern dimanfaatkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement