Senin 06 Jul 2015 17:31 WIB

Pembiayaan Perbankan Syariah di Oman Tumbuh 107 Persen

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bank Muscat menjadi salah satu stimulator pendirian bank syariah di Oman. (ilustrasi)
Foto: www.computernewsme.com
Bank Muscat menjadi salah satu stimulator pendirian bank syariah di Oman. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Pembiayaan perbankan Islam di Oman tumbuh 107 persen mencapai 1,265 miliar rial dalam empat bulan pertama 2015 dari 611,1 juta rial untuk periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pembiayaan yang cepat ini menunjukkan bank-bank Islam mendapat tempat di pasar dan mampu menangani persoalan yang dihadapi.

Dua bank Islam dan unit usaha syariah juga makin inovatif mengeluarkan produk untuk menarik konsumen-konsumen Oman selain membuka cabang di beberapa negara kawasan.

Data Bank Sentral Oman juga mencatat, jumlah nasabah lembaga keuangan Islam juga meningkat 194,5 persen menjadi 847,3 juta rial per April 2015, dari 287,7 juta rial untuk periode yang sama tahun lalu.

Penambahan jumlah cabang dan peningkatan aset juga menciptakan lingkungan yang kompetitif, bagi dari segi inovasi maupun kelebihan-kelebihan yang ditawarkan kepada konsumen.

Di Oman saat ini  terdapat dua bank Islam dan enam unit usaha syriah bank konvensional. Total aset mencapai 1,371 miliar per Desember 2014, meningkat 68,2 persen dari tahun sebelumnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement