Ahad 05 Jul 2015 02:36 WIB

Yunani Perpanjang Masa Penutupan Bank

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih
Bank Sentral Yunani.
Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis
Bank Sentral Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- penutupan bank-bank di Yunani akan diperpanjang dari waktu yang sebelumnya ditentukan hingga 6 Juli mendatang. Masa perpanjangan bergantung dari referendum yang akan diselenggarakan pada Ahad (5/7) waktu setempat.

“Bank-bank di Yunani akan dibuka kembali sebelum tercapainya sebuah kesepakatan,” kata kata Head of Hellenic Chambers of Commerce, Constantine Michalos sebagaimana dilansir dari CNBC pada Sabtu (4/7).

Kesepakatan, kata dia, melibatkan seluruh anggota Euro Zone yang kemudian diterima di Yunani, ditandatangani, disegel dan membuat Bank Sentral Eropa mengirimkan dana.

Hasil Referendum akan menjadi acuan bagi Bank Sentral Eropa untuk menentukan apakah akan meningkatkan dana bantuannya pada sektor perbankan Yunani. Dana bantuan sejauh ini telah membantu bank-bank di Yunani tetap beroperasi, tapi sempat menemui jalan buntu karena terganjal diskusi antara Yunani dan para kreditornya.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras sebelumnya telah meminta penutupan bank sejak pekan lalu setelah pengumuman referendum atas program fiskal baru untuk Yunani. Dilakukan pula jajak pendapat yang akan menentukan posisi keanggotaan Yunani di Zona Euro.Pekan ini bank-bank di Yunani ditutup dan para penduduk hanya dapat menarik uang 60 euro per hari dari ATM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement