Kamis 02 Jul 2015 21:19 WIB

Lingkungan Kerja Cerdas Trakindo Respon Epidemi HIV/AIDS

Rep: C93/ Red: Djibril Muhammad
Trakindo
Foto: trakindo.co.id
Trakindo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Trakindo Utama (Trakindo), mengukuhkan komitmennya dalam menanggulangi HIV/ AIDS di lingkungan kerja melalui peningkatan keanggotaannya menjadi Platinum dengan Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) di tahun 2015 ini.

Ditingkatkannya keanggotaan Trakindo dengan IBCA ini dilandasi atas keinginan Trakindo untuk lebih melindungi karyawan dan lingkungan kerja dari bahaya HIV/ AIDS. Kegiatan yang telah dilakukan Trakindo untuk menjelaskan penularan HIV/ AIDS dan pencegahannya kepada karyawan antara lain melalui berbagai kegiatan edukasi dan program pencegahan HIV/ AIDS.

 

"Sejalan dengan kebijakan Perusahaaan dalam aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L), kami selalu memastikan kesehatan kerja bagi seluruh karyawan, termasuk pencegahan dan penanggulangan HIV/ AIDS. Peningkatan keanggotaan kami menjadi platinum ini didasari atas keseriusan komitmen kami dalam menciptakan llingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh karyawan kami," kata Chief Administration Officer, PT Trakindo Utama Maria T. Kurniawati, para siaran pers yang diterima Republika, Rabu (1/7).

 

Berdasarkan data dari IBCA, sejak ditemukannya kasus HIV pertama kali di Indonesia pada tahun 1987, pertumbuhan kasus HIV dan AIDS di Indonesia meningkat secara eksponensial. Sehingga, pada tahun 2013 tercatat lebih dari 30 ribu kasus HIV baru di Indonesia, dimana 70 persen dari jumlah tersebut berasal dari usia produktif (usia 25-usia 49 tahun).

 

Bekerjasama dengan IBCA, Trakindo telah melakukan beberapa kegiatan Program Cerdas HIV di tempat kerja, antara lain menyelenggarakan pelatihan Peer Leader Educator (PLE) yaitu pelatihan untuk mempersiapkan perwakilan dari berbagai divisi di Trakindo menjadi penyuluh panutan (role model) bagi rekan-rekan lainnya. Inisiatif ini dilakukan secara bertahap dan rencananya akan menghasilkan puluhan role model sebagai ujung tombak perusahaan dalam program edukasi mengenai HIV/AIDS yang akan menjangkau lebih dari 6.700 karyawan Trakindo di seluruh Indonesia.

 

Program lainnya yang juga telah dilakukan oleh Trakindo meliputi Executive Brief kepada direksi dan sosialisasi tentang HIV/ AIDS kepada Departemen Sumber Daya Manusia, Training of Trainer pendampingan pembuatan kebijakan perusahaan tentang HIV/ AIDS di tempat kerja, pendampingan program pengembangan kapasitas perusahaan dalam menjalankan program HIV di tempat kerja, pendampingan program kemasyarakatan dalam edukasi HIV/ AIDS, penyelenggaraan tes darah untuk HIV, melakukan monitoring dan evaluasi sertapenyelenggaraan audit untuk sertifikasi Program HIV di tempat kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement