Selasa 23 Jun 2015 12:05 WIB

BTPN Suntik Modal Rp 112 Miliar ke BTPN Syariah

Rep: C87/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bank BTPN Syariah
Foto: ekonomisyariah.info
Bank BTPN Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) telah menyuntikkan dana modal kepada anak usahanya yakni BTPN Syariah. Dana yang disuntikkan BTPN mencapai Rp 112 miliar.

Direktur Kepatuhan BTPN Anika Faisal mengatakan, total dana yang disuntikkan kepada BTPN Syariah mencapai Rp 160 miliar. BTPN menyuntikkan 70 persen dari keseluruhan penambahan modal. Sedangkan, 30 persennya atau Rp 48 miliar berasal dari PT Triputra Persada Rahmat (TPR).

"Dengan penambahan modal ini, BTPN Syariah menjadi lebih kuat," ujar Anika kepada wartawan di Restoran Tesate Jakarta, Senin (22/6).

Anika menambahkan, saat ini modal dasar BTPN Syariah sebesar Rp 1,5 triliun. Dengan nominal modal tersebut, BTPN Syariah masuk kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 2 yang syarat modal intinya antara Rp 1 triliun sampai Rp 5 triliun. Selain itu, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio) BTPN Syariah juga lebih dari 30 persen.

"BTPN Syariah masuk BUKU 2, ada tambahan produk dan aktivitas sehingga membuka peluang yang lebih besar," imbuh Anika.

Di samping itu, dengan masuk kategori BUKU 2, BTPN Syariah akan bisa menjalankan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Direncanakan, tahun ini BTPN Syariah akan ikut program Laku Pandai.

Menurut Anika, nantinya satu agen Laku Pandai akan bisa melayani produk perbankan konvensional dan produk syariah. Sementara, BTPN sendiri telah menjalankan program Laku Pandai dan meluncurkan program tersebut di Medan beberapa waktu lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement