Sabtu 20 Jun 2015 13:27 WIB

Sidak Pasar, Mendag Sebut Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Perdagangan Rachmat Gobel bersama Gubernur Jatim Soekarwo melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar di Surabaya untuk memantau stok dan harga kebutuan pokok.

"Kedatangan saya ke Surabaya ini untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Timur dan jajarannya untuk melakukan inspeksi mendadak terkait dengan harga kebutuhan pokok saat ini," katanya usai melakukan inspeksi mendadak di Pasar Tradisional Wonokromo, Surabaya, Sabtu (20/6).

Ia mengemukakan dalam inspeksi yang dilakukan kali ini harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih stabil dan belum ada kenaikan harga yang cukup berarti.

"Harga sejumlah bahan pokok relatif stabil dan cadangan pangan Jatim aman," katanya.

Ia mengatakan pasokan pangan masih aman dan untuk harga bisa dikatakan stabil meskipun ada kenaikan harga akan tetapi tidak tinggi dan masuk pada batas kewajaran harga.

"Saya kira tidak perlu ada kekhawatiran bagi masyarakat pada bulan puasa dan lebaran nanti di Jatim akan kekurangan stok pangan. Kenaikan harga yang terjadi meskipun sedikit tidak melebihi harga nasional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Perdagangan juga sempat melakukan dialog dengan pedagang untuk menanyakan kondisi terkini harga kebutuhan pokok. Selain itu, juga sempat dilakukan pasar murah yang dilakukan oleh Bulog Jawa Timur bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di tempat yang sama.

Di Pasar Wonokromo informasi harga bahan pokok dan jenisnya seperti Beras IR 64 sebesar Rp9.800 sampai dengan Rp11.000 perkilogram, Gula Pasir Rp12.000 perkilogram, Minyak Goreng Curah Rp11.000 perliter, Daging Sapi Murni Rp98.000-99.000 perkilogram dan Daging Ayam Broiler Rp29.000 perkilogram.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement