Selasa 16 Jun 2015 11:58 WIB

Perpres Ketersediaan-Stabilitas Harga Sudah Mendesak

Pasar Sembako
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pasar Sembako

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai sangat penting rencana Presiden Joko Widodo yang akan menerbitkan peraturan presiden (perpres) tentang penetapan dan penyimpanan barang kebutuhan pokok dan barang penting untuk mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga.

"Apa yang akan dilakukan Presiden Jokowi itu sangat penting," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Selasa (16/6).

Dalam perpres tersebut, rencananya ada 14 jenis barang kebutuhan pokok yang akan jadi fokus pengendalian pemerintah. Perpres ini akan menjadi instrumen pemerintah untuk mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga.

"Presiden Jokowi harus belajar dari pengalaman pemerintahan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto dalam mengelola pangan rakyat," kata Qodari

Menurut Qodari, kehadiran perpres tersebut sangat penting karena; pertama, persoalan ketersediaan dan harga pangan adalah persoalan utama yang dikeluhkan masyarakat dalam survei nasional yang dilakukan Indo Barometer.

Kedua, masalah ketersediaan dan harga sembako jadi variabel terbesar yang menurunkan kepuasan pada pemerintahan Jokowi-JK, selain permasalahan hukum.

Ketiga, mau tak mau harus diakui bahwa stabilitas politik dan pemerintahan tidak lepas dari kemampuan pemerintah menjaga ketersediaan dan harga sembako.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement