Sabtu 13 Jun 2015 13:20 WIB

Pertamina Resmikan 4 Unit SPBU di Tol Cikopo - Palimanan

Rep: c85/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) meresmikan pengoperasian empat unit SPBU dengan tipe Company Owned Developer Operated (CODO) yang berlokasi di area peristirahatan (rest area) di jalur tol baru Cikopo - Palimanan (Cipali) yang hari ini mulai beroperasi. Beroperasinya SPBU tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna tol Cipali khususnya menjelang masa puasa dan arus mudik Lebaran Juli nanti.

Keempat unit SPBU CODO tersebut masing-masing terletak di rest area km 102 dan km 166 untuk arah CIkampek-Palimanan, dan rest area km 101 dan km 164 untuk arah Palimanan-Cikampek. Pengoperasian SPBU sendiri akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan SPBU CODO rest area km 102 pada hari ini, Sabtu (13/6).

Selanjutnya, SPBU CODO di rest area km 101 pada 22 Juni 2015, rest area km 166 pada 30 Juni 2015, dan terakhir SPBU CODO di rest area km 164 pada 7 Juli 2015. Dengan demikian, seluruh SPBU CODO di rest area jalur tol Cikampek-Palimanan akan beroperasi sebelum arus mudik-balik Hari Raya Idulfitri 1436 H/2015 dimulai.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan peresmian dan pengoperasian SPBU CODO di rest area jalur tol Cikampek-Palimanan saat ini merupakan momentum yang tepat. Pada hari yang sama tol tersebut diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk pengoperasiannya. Menurut dia, keberadaan jalur tol Cikampek-Palimanan sedikit banyak akan menggeser pola arus kendaraan dari Barat ke Timur, dari semula menggunakan jalur pantura maupun selatan dan tengah berpindah ke jalur tol Cikampek-Palimanan.

“Perubahan pola arus keadaan ini perlu diantisipasi secara tepat dengan dukungan layanan kepada pengguna jalur tol, termasuk keberadaan SPBU untuk menunjang ketersediaan bahan bakar bagi kendaraan yang melalui jalur tol sepanjang 116 km tersebut. Terlebih lagi, tol Cikampek-Palimanan ini akan menjadi pilihan masyarakat, utamanya pemilik kendaraan pribadi sebagai jalur mudik lebaran nanti sehingga adanya SPBU CODO Pertamina menjadi sangat penting,” kata Ahmad Bambang.

Seluruh SPBU CODO tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang berupa Bright Store, Masjid, Pengisian Nitrogen, dan toilet. Di kawasan rest area seluas sekitar 4 hektare ini juga akan dilengkapi tenant-tenant yang menyediakan kebutuhan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement