Ahad 07 Jun 2015 15:47 WIB

Mentan Cek Harga Pangan di Sejumlah Daerah

Rep: Sonia Fitri/ Red: Djibril Muhammad
Mentan Amran Sulaiman.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mentan Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan lapangan sekaligus sidak harga sembako di Pasar Terong Makassar, Sulawesi Selatan menemukan harga beras yang stabil.

"Untuk harga beras masih normal sekitar Rp 7.500 per kilogram, masih stabil," katanya dalam keterangan ertulis yang diterima Republika, Ahad (7/6).

Dalam sidak pasar lainnya, Mentan Amran mendapati harga beras medium di Pasar Banjaran Tegal-Jabar Rp 7.050 per kilogram, di Pasar Induk Beras Cipinang Rp 7.800 per kilogram dan di Pasar Mawar Sintang-Kalbar Rp 11.000 per kilogram.

Mentan Amran juga mendapati harga bawang merah lokal dari daerah Bantaeng Rp16 ribu-Rp20 ribu per kilogram. Sedangkan bawang dari Bima Rp 40 ribu per kilogram.

Untuk cabai rawit dibanderol Rp 15 ribu per kilogram, cabai besar Rp 17 ribu per kilogram, telur Rp 38 ribu per rak dan ayam potong Rp 30 ribu-Rp 35 ribu per ekor. Sementara harga sayur mayur seperti kol dibanderol Rp 16 ribu per kilogram dan kentang Rp 12 ribu per kilogram.

Di kawasan lain, harga bawang merah tingkat produsen di Demak Jawa Tengah Rp 15 ribu per kilogram sementara di Wajo Sulawesi Selatan Rp 17 ribu per kilogram.

Harga bawang merah eceran di Humhas Sumatera Utara Rp 12.700 per kilogram, di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan Rp 24 ribu per kilogram dan di Pasar Induk Kramatjati Rp 28 ribu per kilogram.

Harga cabai merah keriting tingkat produsen di Kulon Progo Yogyakarta Rp 10 ribu per kilogram, di Sumedang Jawa Barat Rp 11 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah keriting eceran di Mamuju Utara Sulawesi Barat Rp 14 ribu per kilogram dan di Pasar Induk Kramatjati Rp 16 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement