Kamis 21 May 2015 07:40 WIB

Indonesia Lakukan Penetrasi Pasar ke Kroasia

Rep: rizky jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Usaha kerajinan tangan
Foto: Tahta/Republika
Usaha kerajinan tangan

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Produk Indonesia mendapatkan sambutan dan gebrakan dari pasar Kroasia, melalui pameran Indonesia Expo yang digelar di Zagreb. Masyarakat Kroasia antusias berburu produk perhiasan, kerajinan tangan, batik, fesyen, dan furnitur.

“Kami memang ingin meningkatkan penetrasi produk Indonesia di Kroasia,” ujar Kepala  Indonesian Trade Promotion Center  (ITPC) Budapest Hikmat Rijadi, dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (21/5).

Hikmat mengatakan, pameran tersebut digelar dengan tujuan fokus menjalin mitra bisnis strategis dengan para pengusaha Kroasia. Apalagi, pengusaha Kroasia dikenal sangat agresif dan antusias dengan produk-produk Indonesia.

“Meskipun secara transaksi belum terlalu besar, terobosan seperti ini harus tetap dilakukan sebagai langkah untuk penetrasi produk Indonesia ke Kroasia,” kata Hikmat.

Total perdagangan Indonesia dan Kroasia tercatat sebesar 36,37 juta dolar AS dengan nilai ekspor nonmigas sejumlah 25,41 juta dolar AS. Jumlah tersebut menunjukkan surplus senilai 14,44 juta dolar AS. Beberapa produk potensial Indonesia di pasar Kroasia, antara lain kertas, minyak sayur dan margarin, CPO, produk ikan, furnitur, dan produk peternakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement