Selasa 19 May 2015 06:06 WIB

Saham Eropa Stabil

Rep: c25/ Red: Satya Festiani
Pasar Saham Eropa
Foto: Reuters
Pasar Saham Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Saham Eropa mantap pada Senin (18/5) karena investor tumbuh lebih optmistis atas kesepakatan utang Yunani, meskipun, pendapatan energi dan penjualan saham menjulang di sektor perbankan hingga membebani minat investor.

Indeks FTSEurofirst 300-Eropa pan naik 0,2 persen pada 1,575.95 poin dengan 1435 GMT, meskipun sebagian besar indeks acuan nasional berada di wilayah negatif. Sebuah rollercoaster sell off baru-baru ini di pasar obligasi telah mengambil beberapa jalan keluar dari layar saham pasar Eropa, dengan saham atas turun hampir lima persen dari puncak April.

Saham kelompok energi Austria OMV, tenggelam hampir sembilan persen setelah melaporkan mengurangi separuh keuntungan utama karena harga minyak yang rendah membebani bisnis hulu. Ia juga mengatakan tidak mungkin untuk melanjutkan produksi di Libya atau Yaman sebelum musim dingin.

Saham Yunani pulih setelah awal musim gugur, dengan indeks saham atas penutupan 1,6 persen lebih tinggi. Uni Eropa mengatakan bahwa Yunani sedang "lebih konstruktif" dalam pembicaraan, meskipun membantah laporan yang dikutip oleh pedagang bahwa Komisi Uni Eropa sedang bersiap untuk kompromi atas kesepakatan utang Yunani.

"Probabilitas Grexit masih rendah tahun ini, dalam pandangan kami, tapi volatilitas bisa meningkat karena pembicaraan bailout dan kekurangan kas tumbuh lebih akut," menurut analis RBS dalam sebuah catatan kepada klien.

Sektor keuangan terutama volatile, dengan Monte dei Paschi turun lebih dari tiga persen sebelum rencana untuk menjual saham, baru mulai minggu depan. Societe Generale dan Credit Agricole turun dua sampai tiga persen.

Nomura analyst Jon Peace pada Senin menurunkan Credit Agricole ke "netral" atas dasar penilaian tapi menyimpan SocGen pada daftar saham perbankan untuk dibeli.

Indeks DAX Jerman unggul, namun, dibantu oleh tiga persen kenaikan saham Volkswagen setelah analis Deutsche Bank, menaikkan target harga menjadi 280 euro dari 230, mengutip keuntungan efisiensi di perusahaan.

Saham BHP Billiton adalah sekitar 2,6 persen lebih tinggi, yang saat dibuka melemah tajam setelah unit berputar di South32 yang mulai diperdagangkan dengan nilai pasar hampir 9 miliar dolar AS, sepertiga di bawah ujung atas perkiraan. Para analis mengatakan ini digaris bawahi saraf investor tentang prospek sektor pertambangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement