Sabtu 09 May 2015 18:19 WIB

Perempuan Indonesia Pastikan Miliki Akses Layanan Keuangan

Rep: c23/ Red: Dwi Murdaningsih
Commonwealth Bank Indonesia
Foto: Republika/Edi Yusuf
Commonwealth Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Commonwealth Bank Indonesia (CBI) resmi memperkenalkan aplikasi Women Investment Series (WISE). Aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play dan AppStore ini bertujuan membantu perempuan mengatur problem finansial dan memberikan literasi keuangan untuk mereka.

Presiden Direktur Commonwealth Life Simmon Bennett mengatakan pihaknya sudah berkomitmen untuk mendukung WISE, serta inisiatifnya. "Kami ingin memastikan seluruh perempuan Indonesia memiliki akses layanan dan produk keuangan untum mereka," kata Simon, Sabtu (9/5).

CBI membidik kaum perempuan karena mereka memiliki peran besar dalam mengambil keputusan, baik dalam bisnis, maupin keluarga. Berdasarkan data CBI, 51 persen kaum perempuan bertanggung jawab dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga.

Selain itu, 33 persen perempuan memiliki peran untuk membangun usaha kecil di Indonesia. Dan sekitar 57 persen pengguna produk dan layanan keuangan adalah perempuan.

Namun berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hanya 18,84 persen perempuan yang memiliki literasi keuangan yang memadai. Dasar survei inilah yang menggugah CBI meluncurkan aplikasi literasi keungan untuk perempuan.

Selain berdiskusi dengan sesama pengguna,  kaum perempuan juga bisa berkonsultasi dengan anggota dewan penasihat WISE yang terdiri dari berbagi kalangan. Di antaranya Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, Kusmaningtuti Soetiono, Head of Equity First State Investment Indonesia, Hazrina Dewi, dan Rian Kaslan, Excutive Vice President dan Head of Wealth Management Business Strategy CBI.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement