Rabu 06 May 2015 12:12 WIB

Menko Perekonomian Yakin Pengangguran Berkurang di Kuartal II

Rep: C91/ Red: Bayu Hermawan
 Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil optimistis jumlah pengangguran akan berkurang di kuartal II. Hal tersebut karena pemerintah akan memulai banyak proyek pembangunan, sehingga lapangan kerja pun banyak terbuka.

"Di kuartal II pemerintah akan memulai banyak proyek yang akan menciptakan aktivitas dan menyerap banyak tenaga kerja," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/5).

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik mengumumkan jumlah pengangguran meningkat 300 ribu pada kuartal I. Kini jumlah pengangguran mencapai 7,45 juta orang per Februari 2015.

Sofyan melanjutkan, dalam waktu dekat ini ada sekitar empat proyek infrastruktur besar yang segera dimulai pembangunannya. Hal itu meliputi Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Trans Jawa, Program Sejuta Rumah, serta proyek listrik 35.000 megawatt.

"LRT itu juga akan segera dimulai dan kereta api cepat. Kita lagi tunggu study lebih lanjut sehingga bisa diputuskan sebelum akhir tahun," ujarnya.

Menurutnya, lapangan kerja juga bakal tersedia saat investasi asing masuk ke dalam negeri. Sofyan meyakini, pada kuartal selanjutnya investor akan berinvestasi lebih besar dibandingkan pada kuartal I.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement