Ahad 26 Apr 2015 18:57 WIB

Menteri Andrinof: Banyak Dampak KAA Bagi Peluang Usaha

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Maman Sudiaman
Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah baru saja menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April lalu. Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof A Chaniago, banyak dampak yang didapat dari KAA bagi peluang perdagangan.

"Ajakan masing-masing negara untuk tingkatkan perdagangan KAA dan disambut negara Amerika Latin," kata dia di Padang, Ahad (26/4).

Pascaadanya kesepakatan KAA, pemerintah, lanjut dia, tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, meningkatkan daya saing, memanfaatkan bahan dalam negeri untuk produk olahan. "Kata presiden, kita tak akan lagi jual bahan mentah," tutur Andrinof.

Menurut dia, pidato presiden dalam KAA tergolong keras. Tujuannya untuk membuat Indonesia percaya diri dihadapan masyarakat dunia. Terlebih, lanjut dia, untuk pidato yang menyebut "pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF dan ADB adalah pandangan yang usang yang perlu dibuang."

Dalam pidato tersebut dikatakan pula, pengelolaan ekonomi dunia tidak bisa hanya diserahkan kepada ketiga lembaga keuangan internasional itu. "Kita mandiri secara ekonomi, termasuk pembiayaan. Awalnya presiden mengeluhkan sistem pemberian keuntungan proyek-proyek internasional," tutur Andrinof.

Namun,  menurut dia, saat ini Indonesia tidak dapat terputus total dengan tiga lembaga tersebut. Kecuali, jika pertumbuhan ekonomi berada di atas delapan persen. Ia mengatakan, memang butuh waktu lama, sekitar 15 tahun. Namun ia optimistis Indonesia dapat mencapai hal tersebut.

Ia mencontohkan negara China yang mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar sembilan persen dalam 30 tahun. "Kalau rata-rata di atas tujuh persen (pertumbuhan ekonomi Indonesia), penurunan angka pengangguran (sebesar) empat persen," jelas Andrinof.

Mengutip pidato presiden Jokowi, dia mengatakan, ada pesan untuk mempercepat dalam membangun kemandirian ekonomi, percepatan pengolahan mineral, hasil tambang, penyelamatan sumber daya alam (SDA).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement