Jumat 24 Apr 2015 14:00 WIB

Honda Siap Terbangkan Pesawat Jet

Rep: rizky jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
HondaJet
Foto: myjetreview.com
HondaJet

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Presiden Honda Takanobu Ito mengatakan Honda siap menerbangkan pesawat jet pertama sebelum dilepas ke pasar pada pertengahan tahun ini.

Pesawat yang diberi nama HondaJet tersebut memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan panjang sekitar 13 meter. HondaJet didesain tahan guncangan.

"Kami menciptakan standar performa yang memberikan kenyamanan, untuk bisnis jet ukuran kecil," ujar Ito dilansir Arab News, Jumat (24/4).

Rencananya, HondaJet akan dicoba untuk terbang mengelilingi sejumlah negara di Eropa seperti Swiss, Inggris, Prancis, dan Jerman. Produksi HondaJet merupakan hasil kerja sama dengan tenaga ahli dari Amerika Serikat yang tergabung dalam Honda Aircraft Company.

Pesawat jet tersebut dijual dengan harga 4,5 juta dolar AS. Tercatat sudah ada lebih dari 100 permintaan. Ito mengatakan pesawat tersebut dapat terbang sampai di ketinggian 2.000 kilometer dengan kecepatan mencapai 778 kilometer per jam.

"Sejak perusahaan ini pertama kali didirikan, Honda telah mengejar mimpi untuk memproduksi alat angkut udara," kata Ito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement