Jumat 17 Apr 2015 15:52 WIB

Pertalite, Nama BBM Baru Pengganti Premium

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Premium habis - ilustrasi
Premium habis - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BBM jenis baru dengan RON 90 yang akan diluncurkan Pertamina bulan depan digadang-gadang bernama Pertalite. BBM baru ini dipasarkan sebagai upaya untuk menghapuskan Premium secara bertahap.

Direktur Pemasaran dan Ritel Pertamina Achmad Bambang menjelaskan, nantinya produk premium hanya bisa dibeli oleh kendaraan umum dan di sejumlah SPBU di pinggiran kota.

"Betul nama barunya Pertalite. Tapi yang harus diluruskan, premium tidak dihapus atau dihilangkan, hanya ada di SPBU pinggiran kota dan lane angkot, mikrolet, dan lainnya. SPBU tengah kota tidak jual lagi Premium," ujar Bambang, Jumat (17/4).

Kebijakan ini, lanjut Bambang, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus memberikan masa transisi untuk peralihan dari premium ke produk bensin di atas RON 88.

"Alasannya, kami ingin memberi pilihan ke masyarakat serta transisi dari premium ke yg lebih baik sebelum ke RON 92," ujar Bambang.

Kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap dari kota-kota besar di Indonesia. Tahap pertama, akan dilakukan di Jakarta. Bambang mengatakan, apabila di Jakarta bisa berjalan dengan baik maka akan dilanjutkan ke daerah lain di Indonesia.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berniat untuk menghapuskan bensin jenis Ron 88 atau premium mulai bulan Mei 2015 mendatang. Masyarakat secara bertahap tidak akan lagi bisa membeli premiun di kota-kota besar di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement