Kamis 16 Apr 2015 16:54 WIB

Adira Finance Berdayakan Ibu-Ibu PKK

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu-ibu PKK (ilustrasi)
Foto: rsiypdhi.com
Ibu-ibu PKK (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Adira Finance mencanangkan program pusat komunitas berdaya berbasis anggota pembina kesejahteraan keluarga (PKK). Head of CSV and CSR Adira Finance, Arie Witjaksono, mengatakan target dari program ini adalah RT dan RW yang ada di Jakarta. Menurutnya, RT/RW merupakan sistem administrasi terkecil di Indonesia yang bertanggung jawab dalam mengembangkan masyarakat.

“RT/RW umumnya digerakkan oleh ibu-ibu rumah tangga termasuk program pengelolaan keuangan keluarga,” ujar Arie, saat berkunjung ke Republika, Kamis (16/4).

Ia menjelaskan, tujuan program pusat komunitas berdaya adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan keluarga dalam mengelola keuangan. Selain itu, program ini juga memberdayakan keluarga dalam mewujudkan kemandirian keuangan yang dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga.

“Harapannya nanti pusat ini menjadi tempat berkumpul bagaimana mereka berbagi tips-tips pada masyarakat yang lainnya,” jelas dia.

Adira Finance akan melakukan pelatihan terhadap setiap perwakilan RW di bidang pengelolaan keuangan keluarga. Perwakilan RW tersebut kemudian melakukan pendampingan warga untuk menyalurkan ilmu pengelolaan keuangan keluarga.

“Setiap RW nantinya akan membentuk komunitas berdaya yang nantinya akan bersaing untuk menjadi komunitas berdaya terbaik,” kata dia.

Arie menuturkan, komunitas berdaya yang bagus adalah komunitas yang mampu membuat kegiatan sendiri di wilayahnya. Kualitas pembinaan yang diberikan perwakilan RW akan terlihat dari seberapa banyak jenis usaha yang berkembang di wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement