Jumat 27 Mar 2015 10:40 WIB

Kia Targetkan Meksiko Sebagai Gerbang Pasar Amerika Latin

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Satya Festiani
Kia K4 Sedan
Foto: Kia
Kia K4 Sedan

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Dalam kunjungan di lokasi pembangunan pabrik baru Kia Motors di Meksiko, Direktur Hyundai-Kia Group Chung Mong-koo mengungkapkan Meksiko akan jadi gerbang pemasaran produk Kia di Amerika Latin.

Pabrik yang rencananya mulai beroperasi 2016 mendatang ini berkapasitas produksi 300 ribu kendaraan per tahun.

Chung juga menyempatkan diri mengunjungi markas penjual Kia di Monterey dan pusat rancangan kendaraan mereka di California untuk evaluasi bisnis.

''Pabrik di Meksiko ini upaya kami tetap kompetitif dengan para pesaing. Kami juga menangkap pertumbuhan kebutuhan kendaraan di Amerika Latin,'' ungkap Chung seperti dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kamis (16/3).

Dengan memiliki pabrik di sana, kata Chung, Kia bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen Amerika Latin.

Sepanjang 2014, Kia memproduksi 3,22 juta kendaraan untuk pasar Meksiko dan satu juga kendaraan berhasil terjual. Jumlah ini naik 4,1 persen dari penjualan pada 2013.

Kia melihat Meksiko sebagai lokasi strategis dengan upah buruh rendah. Dengan adanya kesepakatan perdagangan bebas Amerika Utara (Kanada dan AS) dengan Meksiko membuat harga ekspor ke AS dan Kanada jadi lebih murah.

Nissan, General Motors, Chrysler dan perusahaan otomotif multinasional lainnya juga sudah menjadikan Meksiko titik penting jaringan dagang mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement