REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart mencatat pengumpulan donasi senilai lebih dari Rp 24 miliar sepanjang 2014. Donasi tersebut merupakan uang kembalian konsumen yang didonasikan untuk berbagai kegiatan yayasan yang ditunjuk Alfamart.
General Manager Corporate Communication Alfamart Nur Rachman mengatakan, setiap bulan Alfamart mengumpulkan donasi kembalian belanja konsumen sekitar Rp 2 miliar. Khusus 2014, donasi kembalian belanja nasabah sekitar Rp 1,5 miliar per bulan dari sekitar 9.800 toko yang tersebar di seluruh Indonesia
“Program donasi konsumen ini, kembalian Rp200 atau Rp300 didonasikan untuk berbagai kegiatan, kita tunjuk yayasan yang berbeda setiap bulan,” kata Nur Rachman saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Selasa (3/3).
Public Relation Regional II Jabodetabek Maria Endah mengatakan, program yang disebut corporate cost promotion tersebut mengajak masyarakat untuk mendonasikan uang kembalian belanja. Selama 2014, Alfamart telah menyalurkan donasi kepada 15 yayasan umum non agama. Nantinya, yayasan-yayasan tersebut yang membuat dokumen pertanggung jawaban pemanfaatan dana.
“Dari semua donasi yang masuk, langsung disalurkan ke yayasan yang sudah kredibel dan independen,” imbuhnya.
Maria menjelaskan, pemanfaatan donasi tersebut pada 2014 antara lain untuk pemberdayaan ibu-ibu terkait budidaya ikan lele, pembangunan rumah singgah untuk penderita kanker anak di Makassar, pemberian 10.000 kacamata gratis bagi siswa SD dan SMP, pembangunan rumaha layak huni dan fasilitas MCK, penanaman 4.500 bibit pohon di Manado, dan kegiatan lainnya.
Selain itu, Alfamart juga menyalurkan donasi untuk kegiatan corporate social responsibility (CSR). Ditargetkan tahun 2015 sebanyak 30.000 kacamata dibagikan kepada pelajar SD dan SMP.
“Tahun ini akan diadakan lagi program pembangunan rumah singgah rencananya di Pekan Baru dan Semarang,” imbuhnya.