Selasa 03 Mar 2015 09:09 WIB

Kenaikan Suku Bunga The Fed Masih Alot

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Djibril Muhammad
The Federal Reserve Bank of New York (File)
Foto: en.wikipedia.org
The Federal Reserve Bank of New York (File)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gubernur Federal Reserve Janet Yellen belum memberikan keputusan terkait kenaikan suku bunga. Namun, tujuh dari 17 anggota the Fed mengisyaratkan kenaikan suku bunga lebih baik dilakukan pada Juni 2015 karena dapat mendorong kenaikan upah dan inflasi menjadi lebih tinggi.

Sementara itu, ada beberapa pejabat the Fed yang mengatakan ekonomi dan pasar tenaga kerja masih memiliki jalan yang panjang. Dengan demikian, kenaikan suku bunga tidak memberikan dampak besar terhadap pasar tenaga kerja hingga 2016.

Sementara, lima anggota the Fed yang berbasis di Washington mengharapkan pertumbuhan di sektor tenaga kerja bisa terus menguat.

"Yellen harus segera mengambil keputusan, karena kemungkinan ada sentimen yang berkembang di waktu yang sempit ini," ujar Direktur Riset Peterson Institute for International Economics, David Stockton, dilansir Reuters, Selasa (3/3).

Stockton mengatakan, apabila the Fed tidak bisa menaikkan suku bunga pada Juni, maka paling tidak mereka bisa melakukannya pada September 2015. Menurut Stockton, the Fed tidak menaikkan suku bunga sejak 2006 dan ini akan mempertaruhkan inflasi yang lebih tinggi, serta berpengaruh besar terhadap bursa tenaga kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement