Kamis 26 Feb 2015 05:41 WIB

XL Fokus Investasi di Sektor Data

Kartu perdana 4G-LTE XL Axiata
Kartu perdana 4G-LTE XL Axiata

REPUBLIKA.CO.ID,LOMBOK—Provider telekomunikasi XL melakukan investasi besar-besaran di sektor data.

“Tahun ini kami menyediakan capex sekitar Rp 7 triliun. Berbagai program telah kami siapkan, yang semuanya berorientasi pada upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Secara bisnis, saya melihat tahun 2015 tidak akan mudah, akan banyak tantangan yang harus kami hadapi,” ungkap Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini dalam rilisnya, Kamis (26/2).

Dalam rentang waktu tiga tahun terakhir sejak 2011, trafik penggunaan layanan data terus meningkat sekitar 125 persen. Sehingga Dian menyebut peningkatan infrastruktur jaringan perlu dipacu karena jumlah pelanggan memang terus meningkat, termasuk pengguna layanan data.

Untuk menopang layanan data berkualitas, XL telah memiliki BTS 3G sebanyak 31 persen dari total BTS sebanyak 52 ribu. Jumlah ini akan terus ditingkatkan sepanjang 2015.

 

Peningkatan infrastruktur data juga menjadi urgen seiring dengan terus meningkatnya masyarakat yang beralih menggunakan ponsel jenis smartphone. Hingga akhir 2014 lalu, jumlah pelanggan XL yang menggunakan smartphone sebanyak sekitar 16 juta.

Angka ini meningkat tajam dari sekitar 5 juta pada tahun 2013. XL memperkirakan, hingga akhir tahun ini jumlah pelanggan yang akan menggunakan smartphone terus meningkat signifikan.

Pada produk layanan data, XL akan terus menghadirkan berbagai layanan yang inovatif dengan berbagai mitra strategis untuk bisa melahirkan layanan digital yang berkualitas.

Misalnya, pada XL Tunai, manfaatnya diperluas untuk berlangganan tiket commuterline, membeli tiket pesawat, membayar tagihan listrik, membayar asuransi, juga berbelanja di sejumlah toko online dan mini market.

Untuk pengembangan lebih lanjut, XL masih akan terus meningkatkan upaya edukasi kepada masyarakat untuk mendukung pemerintah mewujudkan cashless society.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement